PEMERINTAH DESA TUMBANG MUJAM SERAHKAN TANDON AIR BERSIH KEPADA MASYARAKAT

  • Apr 14, 2023
  • Admin Desa Tumbang Mujam

                Untuk mendukung Pola Hidup sehat dan Pencegahan Stunting di Desa Tumbang Mujam, Pemerintah Desa Tumbang Mujam mengadakan bantuan Tandon air bersih beserta perlengkapannya kepada masyarakat. “Bantuan Tandon air bersih ini akan dilakukan secara bertahap yang akan diberikan kepada masyarakat berdasarkan jumlah rumah penduduk dan untuk sementara ini bukan berdasarkan jumlah  Kepala Keluarga, namun untuk kedepannya tidak menutup kemungkinan akan diberikan bantuan per Kepala Keluarga (KK) tergantung dari kesepakatan bersama dan usulan dari masyarakat pada MUSDES berikutnya. Untuk penyaluran tahap pertama ini hanya dapat diberikan kepada empat puluh rumah penduduk yang prioritas karena menyesuaikan anggaran dana yang diterima, sehingga tidak bisa dicairkan sekaligus” Ujar Kepala Desa Tumbang Mujam Bapak Muhammad Hendri dalam sambutannya pada acara serah terima Tandon air bersih tersebut.

          Pagi, Kamis 13 April 2023 Pukul 09.30 wib, Pembagian empat puluh tandon air bersih kepada Masyarakat dihadiri langsung oleh Camat Tualan Hulu Admadi Sastra, SE., MM, Bhabinsa Tumbang Mujam, Bhabinkamtibmas, Pendamping Lokal Desa, Ketua BPD Tumbang Mujam ALek, S.Pd. 

Secara simbolis Penyerahan dilakukan oleh Kepala Desa Tumbang Mujam dan Camat Tualan Hulu. ”Saya selaku Camat Tualan Hulu sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Desa untuk membantu masyarakat yang membutuhkan tandon air bersih” ucap Admadi Sastra dalam sambutannya pada acara tersebut. Adapun sumber dana pengadaan barang tersebut berasal dari Dana Desa (DD) Tahap I Tahun Anggaran 2023    

Bantuan Tersebut disambut antusias oleh masyarakat, meski dibawah terik matahari yang begitu panas akibat posisi gerak semu matahari sudah mulai bergeser ke belehan bumi utara “Saya sangat berterima kasih Kepada Pihak Pemerintah Desa yang sudah memberikan bantuan ini, karena apa yang diberikan merupakan salah satu yang kami butuhkan pada saat ini khususnya untuk menampung air bersih dirumah kami’’ ujar Agau, salah satu Kepala keluarga yang menerima manfaat.

Kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Tumbang Mujam dalam mengadakan bantuan tandon air bersih kepada masyarakat disesuaikan dengan Permendes PDTT Nomor 8 Tahun 2022 Prioritas Nasional tentang penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2023, umumnya diarahkan untuk percepatan pencapaian tujuan SDGS (Sustainabele Developpment Goals) Desa. Mengingat Dana Desa Juga terbatas dan peruntukannya bukan hanya untuk satu kegiatan, pihak pemerintah desa menyampaikan permohonan maaf karena dalam pengadaannya terdapat banyak kekurangan  “Bantuan air bersih ini diberikan dalam bentuk satu paket, yaitu yang terdiri dari 1 buah tandon , 3 buah pipa, sambungan –sambungan, lem, isolatip dan stof kran. Sedangkan untuk bangunan tempat tandon, alat dan bahan atau kekuranganlainnya dilengkapi oleh masing-masing pemilik rumah berdasarkan hasil kesepakatan dan keputusan bersama pada saat Musyawarah Desa sebelumnya’’ sambung  Muhammad Hendri pada akhir sambutannya.

 

(DLK, 14/04/2023)